Minggu, 04 November 2012

Kiprah dan Cermin Pemuda Sukses

Generasi pemuda, generasi penerus masa depan pelanjut tongkat estafet perjuangan yang lebih segar dan kuat sebagai harapan umat di masa depan dalam bertanggungjawab pengganti yang tua mengemban amanat dan tugas-tugasnya. Pemuda harus memiliki karakter dan memiliki ciri-ciri sebagai pemuda yang memiliki perubahan, semangat dan kemandirian.
Probelamatika remaja di jaman modern ini termasuk masalah penting yang dihadapi semua masyarakat di dunia, baik masyarakat muslim maupun non muslim. Hal ini dikarenakan para pemuda dalam masa pertumbuhan fisik maupun mental, banyak mengalami gejolak dalam pikiran maupun jiwa mereka, yang sering menyebabkan mereka mengalami keguncangan dalam hidup dan mereka berusaha sekuat tenaga untuk melepaskan diri dari berbagai masalah tersebut.
Sesungguhnya sebab-sebab (yang mendukung terjadinya) penyimpangan dan problem (di kalangan) para pemuda sangat banyak dan bermacam-macam, karena manusia di masa remaja akan mengalami pertumbuhan besar tubuh, pikiran dan akal. Di antara sebab-sebab penting yang mendukung terjadinya penyimpangan akhlak para pemuda tersebut adalah waktu, pergaulan, lingkungan, ilmu dan agama yang lemah.
Masa muda adalah waktu produktif untuk berprestasi, dan ia akan ditanya dihadapan Allah kelak di hari kiamat tentang masa mudanya. “ Seorang  anak adam sebelum menggerakkan kakinya pada hari kiamat akan ditanya tentang lima perkara: tentang umurnya untuk apa dihabiskannya, tentang masa mudanya, tentang hartanya, dari sumber mana dia peroleh dan dalam hal apa dia membelanjakannya, dan tentang ilmunya, mana yang dia amalkan” (HR. Ahmad)
Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallam bersabda, “Ada tujuh golongan manusia yang akan dinaungi oleh Allah dalam naungan (Arsy-Nya) pada hari yang tidak ada naungan (sama sekali) kecuali naungan-Nya…Dan seorang pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah.
  Jadilah pemuda yang sukses dan unggul karena sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain.  Seseorang disebut sukses apabila kesuksesan itu bermanfaat bagi orang lain disekitar kita, kesuksesan itu tidak hanya berupa materi, tapi kesuksesan itu bisa berupa non materi, kesuksesan seorang pemuda dijalani dengan keberanian untuk berinisiatif, tepat waktu, menjalin pergaulan yang simpati, mengatasi kegagalan, positif thinking, bekerja lebih efektif, berani menanggung resiko dan lainnya. (Jamilah)

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Menulis Komentar/Saran/Masukan

Jazakallah Khair....

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More